Resep Fruit Terrine

Bahan-bahan :
Saus :
300 gram mangga harum manis
400 ml susu kental manis


Buah-buahan :
1 buah pisang
2 buah mangga harum manis
150 gram melon hijau
200 gram stroberi
150 gram blueberry
150 gram raspberry

Lapisan atas :
1.000 ml air kelapa
10 sendok makan gula pasir
2 bungkus agar-agar putih bubuk (@ 7 gram)

Lapisan tengah :
150 ml santan cair
50 ml air
3 sendok makan gula pasir
1/2 bungkus agar-agar putih bubuk (@ 7 gram)

Lapisan bawah :
150 ml jus mangga
50 ml air
3 sendok makan gula pasir
1/2 bungkus agar-agar putih bubuk (@ 7 gram)

Cara pembuatan :
Siapkan cetakan bentuk loaf ukuran 1,5 L.
Untuk pembuatan saus, siapkan blender kemudian masukan bahan-bahan saus dan haluskan. Setelah itu simpan ke dalam kulkas.
Untuk buah-buahan, iris tipis pisang, iris mangga dan melon berbentuk segitiga, potong stroberi menjadi 3 bagian kemudian sisihkan.
Kemudian cara pembuatan lapisan atas ialah panaskan semua bahan-bahan lapisan atas dengan menggunakan api kecil. Aduk hingga butiran larut. Setelah itu tuang 150 ml larutan ke dalam cetakan. Tunggu hingga padat.
Setelah cetakan padat, susunlah bahan buah-buahan secara acak di cetakan. Kemudian tuangkan larutan sisa tadi ke dalam cetakan. Tunggu hingga padat.
Sambil menunggu lapisan atas padat, panaskan bahan-bahan untuk membuat lapisan tengah dengan menggunakan api kecil. Aduk hingga butiran larut. Setelah itu tuang larutan ke dalam cetakan.
Kemudian panaskan bahan-bahan untuk membuat lapisan bawah sambil menunggu lapisan tengah padat. Panaskan dengan menggunakan api kecil dan aduk hingga butiran larut. Setelah itu tuang larutan ke dalam cetakan.
Dinginkan cetakan di kulkas hingga padat.

Penyajian :
Setelah cetakan dingin, keluarkan fruit terrine dari cetakan. Potong jadi beberapa bagian. Kemudian sajikan di atas piring bersama dengan saus. Untuk pemilihan buah-buahan, kamu bisa memilihnya sesuai selera.
Itulah cara untuk membuat fruit terrine yang enak dan sehat. Tunggu apa lagi kamu langsung bisa membuat makanan ini di rumah.

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda sangat berguna dan penting untuk membangun Blog ini menjadi lebih baik lagi.
Terima kasih untuk tidak SPAMMING!